PDAM Kabupaten Pati

PDAM Kabupaten Pati

PDAM Kabupaten Pati

PDAM Kabupaten Pati terkendala mendapatkan sumber air dari sumur dalam, PDAM Tirta Bening Pati akan memanfaatkan air sungai Silugonggo. PDAM akan memproses air baku dari sungai tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah timur Pati.

PDAM Kabupaten Pati
Images by Ananda

PDAM Tirta Bening Pati atau PDAM Kabupaten Pati merencanakan akan mengambil air Sungai Silugonggo, sebagai air baku untuk diproses menjadi air minum. Yakni dengan pembangunan raberdam yang kini sudah turun review designnya, maupun ijin dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana.

Usai dilantik dan diambil sumpah/janjinya oleh Bupati Pati, Haryanto, Rabu (30/8), Direkutr PDAM Tirta Bening Pati, Bambang Sumantri mengatakan, pembangunan raberdam ini, karena dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, PDAM mengalami kesulitan mencari sumber dari sumur dalam.

Apalagi ada kepentingan-kepentingan dari pihak tertentu.

Sehingga, disini kami berupaya mencari solusi memanfaatkan air sungai silugonggo. Dan kemarin kami sudah mencoba memohon izin untuk mengambil air dari sungai, dan sudah dapat. Sehingga 2017 akan kami mulai penanaman jaringan dan pembuatan intake beserta instalasi pengolahan air” katanya.

Pembuatan intake (pengambilan air) ini, tutur Bambang Sumantri, di Gilis Desa Dengkek Kecamatan Pati. Selain itu, ada rencana pembuatan raberdam atas usulan Bupati Pati Haryanto, yang mana pada 2017 ini sudah terbit review designnya. “Untuk pembangunannya nanti akan dilaksanakan pada 2019. Dan harapan kami setelah raberdam dibangun kita bisa mendapatkan suplai air baku bersih sekitar 400 liter/detik. Kalau itu terbukti, secara bertahap kita akan menambah pelanggan hingga 40ribuan sambungan, katanya.

Rencananya, bila pemenuhan kebutuhan air baku dapat tercapai, tutur Direktur PDAM Tirta Bening Pati, pihaknya akan mendistribusikan ke wilayah timur, khususnya Kecamatan Juwana, Batangan, Jakenan sampai Kecamatan Winong.

Kini PDAM Kabupaten Pati sudah bekerjasama dengan PPOB Griya Bayar Bank BTN untuk melayani pelunasan tagihan PDAM. Pelanggan PDAM baik dari PDAM Pati atau dari Kabupaten yang lainnya bisa juga membayar tagihannya di seluruh loket Griyabayar. Griya Bayar PPOB bank BTN